Follow via Twitter Follow via Google+ RSS Feed

Minggu, 31 Oktober 2010

Republik Online Jurnalism Class (ROL)


hello apa kabar semuaa?


kali ini tim kreatif mau cerita sedikit tentang salah satu acara yang diadakan tanggal 14 Agustus 2010. Jadi, acaranya adalah

ROL "REPUBLIKA ONLINE JURNALISM CLASS"



Nah ROL ini sendiri adalah
sebuah seminar tentang jurnalistik online. Seminar ini seperti namanya, diadakan oleh orang-orang dari koran republika yang kebetulan salah satu pengisi seminar ini adalah alumni 12 yang biasa dipanggil Mas Agung.




(ini dia nih Mas Agung)






Seminar ini hanya dihadiri oleh pengurus dan anggota OSIS/PK dan juga 10 orang perwakilan dari kelas-kelas. Jadi total pesertanya ada sekitar 60an.

Di seminar ini kita diajarkan apa yang dimaksud dengan jurnalistik online, apa saja yang termasuk jurnalistik online dan juga ada lomba fotografi/cinematografi. Jadi di lomba ini peserta seminar diharuskan membuat video atau foto essay di sekitar lingkungan 12. Temanya bebas apa saja tapi peserta hanya diberi waktu sekitar 20 menit.


Nah coba bayangkan bagaimana kreatifitas dan insting jurnalistik kita diuji dalam lomba ini, dalam waktu yang singkat itu peserta harus membuat video berdurasi max. 1 menit atau foto essay max. 5 foto.Nah disini ini nih para peserta pada heboh kesana kemari dari luar ke pelosok pelosok lingkungan bonsi (caileh bonsi) sampe foto disamping andhika pratama. Ada yang foto ada yang video, ada yang di lapangan ada yang di dalem gedung. Macem macem ide kreatif para peserta muncul disini.

Nah setelah hunting dan foto penuh gaya para peserta diminta kembali ke ruang seminar dan disini para narasumber memerintahkan agar peserta menulis sinopsis yang menjelaskan tentang video dan foto masing-masing.

Sekali lagi peserta harus memutar otak untuk menjabarkan tentang video dan foto masing-masing. Tapi namanya juga anak 12 gitu ya jadi mereka emang kreatif-kreatif (yailah sombong bener) gak perlu waktu lama untuk nulis sinopsis ini paling cuma 15 menit (loh itu lama ya?).

Setelah bergerumul dengan kata kata, kertas kertas sinopsis dikumpulkan dan dinilai oleh para juri untuk ditentukan siapa yang menang. Nah di sela sela penilaian inilah ada pak siapa gitu ya lupa namanya hehe dari Yahoo! Indonesia, lihatlah betapa istimewanya seminar ini ampe didatengin wakil dari yahoo! Indonesia.........

Mari kita sebut bapak tersebut sebagai bapak yahoo karena tim kreatif lupa namanya hehe.
milkysmile

So bapak yahoo ini mengulas lebih dalam tentang jurnalistik online.

Katanya "Sesuatu yang dishare melalui media internet bisa disebut jurnalistik online tapi tergantung sifat dari sesuatu yang dishare tersebut. Sebagai contoh, aisyha sedang jalan-jalan ngeliat ada pengendara mobil lewat jalur busway lalu aisyah foto mobil tersebut lalu diupload di facebook atau twitter dan followers aisyah ngeliat dan memberi komentar. Itu sudah termasuk jurnalistik online karena bersifat mensharing sesuatu."

Ya kira kira seperti itulah kata kata bapak yahoo.

Setelah berbincang bincang dengan bapak yahoo akhirnya bapak yahoo pamit pulang dan berterima kasih kepada peserta yang sudah datang.
Nah ini dia momen yang ditunggu tunggu yaitu pengumuman pemenang dari lomba fotografi/cinematografi tadi.

Pengumuman pemenang tidak melalui proses yang bertele tele seperti Indone**an I**l. Pak agung langsung menyebutkan bahwa yang menang lombanya adalah sebagai berikut :

  1. Juara 1 : Kelompok Fadil Muhammad Putra
  2. Juara 2 : Kelompok Rahadian Ihtisyamuddin
  3. Juara 3 : Kelompok Jovina Maulida Annisa Lubis

Ayo mari kita memberi tepuk tangan yang meriah untuk para pemenang!!!!!!!!!! milkysmile

Oke lanjut, setelah pengumuman pemenang yang mengharu biru tadi sang MC berkata "Ya ade ade sekalian sepertinya sudah selesai seminar kali ini terima kasih sudah ikut berpartisipasi. Wassalamualaikum Wr. Wb."
Sebenernya sih ngomongnya banyak tapi ya intinya gitu aja sih hehehe

Menurut tim kreatif sendiri sih acara seminar ini bagus banget karena ya jarang jarang kan ada seminar kaya gini dan juga bertepatan banget dengan salah satu program kerja di bidang OSIS jadi ya klop timing-nya dan kerasa banget manfaatnya..(entah kenapa tim kreatif merasa kata kata barusan seperti iklan)

Kita juga dapet oleh oleh loh dari ROL ini nihhhh......








(originally posted : 14 Agustus 2010)

0 comments:

Posting Komentar