Follow via Twitter Follow via Google+ RSS Feed

Kamis, 09 Februari 2012

Orang tua tidak mengerti gadget anak

detail berita
Ilustrasi (Foto: ALAMY)
LONDON - Kesenjangan akses digital antara anak dan orang dewasa tampaknya semakin melebar. Bahkan menurut suvei terbaru, satu dari enam orangtua mengakui tidak mengerti menggunakan gadget yang dibelikan untuk anak mereka.

Laporan ini disusun oleh situs ParentPort, yang didirikan bersama-sama oleh Advertising Standards Authority (ASA), Press Complaint Commission dan Office of Communication (Ofcom). ParentPort menemukan bahwa satu dari enam (16 persen) orangtua mengakui membelikan anaknya perangkat atau gadget yang mereka tidak sepenuhnya mengerti bagaimana menggunakannya.

Laporan mengenai bagaimana orangtua mengontrol akses anak mereka ke media dewasa ini mengatakan, seperempat anak memainkan game yang digolongkan untuk usia di atas mereka dan 40 persen menonton film di atas batas usia.

Survei yang dilakukan secara online ini, menampilkan 1800 responden dari dua komunitas online orangtua terbesar di Inggris, yaitu Mumsnet dan Nermums. ParentPort mengatakan bahwa survei ini menunjukkan, tantangan dan tekanan yang dihadapi orangtua ketika menjaga media yang dilihat anak mereka sesuai dengan usia.

Selain itu survei ini juga mengungkapkan, 77 persen orangtua selalu atau biasanya mengetahui situs yang dikunjungi anak-anak mereka. Tapi orangtua juga khawatir tentang anak-anak yang diberikan smartphone atau laptop, yang akan memberikan mereka akses ke internet.

ParentPort yang didirikan pada Oktober tahun lalu ini, bertujuan untuk memudahkan orangtua mengeluh tentang adanya konten yang tidak seharusnya di media.

"ParentPort memberikan kemudahan bagi orangtuan untuk mendaftarkan keprihatinan mereka dengan para pelaku media yang bekerja untuk melindungi anak dari materi yang tidak seharusnya," ujar Chief Executive Ofcom, Ed Richard, seperti dilansir Telegraph, Kamis (9/2/2012). (tyo)

Source : OkeZone 

0 comments:

Posting Komentar