Follow via Twitter Follow via Google+ RSS Feed

Minggu, 01 Januari 2012

Virus Infection




Tahun 2011 tinggal menghitung hari dan berganti dengan tahun 2012, sudah banyak peristiwa yang terjadi selama tahun 2011 mulai dari bencana alam seperti banjir, gempa bumi bahkan bencana kekeringan, lalu bagaimana dengan penyebaran virus di dunia maya?.

Penyebaran virus di tahun 2011, sudah mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya terutama dari metode penyebaran yang saat ini sudah tidak hanya memanfaatkan piranti removable media seperti USB Flash atau HDD eksternal.

Perkembangan Android yang begitu cepat di tahun 2011 ikut memberikan warna baru dalam penyebaran virus, Mac yang selama ini di klaim sebagai OS paling kuat dari serangan viruspun mulai masuk dalam daftar incaran virus.

Hal ini membuktikan bahwa tidak ada OS yang kebal dari serangan virus, karena semakin poluper dan semakin banyak OS tersebut di gunakan maka semakin rentan terhadap serang an virus.

Secara umum trend penyebaran Malware di tahun 2011 di bagi menjadi 4 (empat) jenis, yakni:

Virus injection

Virus yang didesain secara khusus untuk menginjeksi file yang telah ditentukan, biasanya berupa file yang sering digunakan seperti file yang mempunyai ekstensi EXE.

Metode ini digunakan sebagai bentuk pertahanan diri agar bisa berumur panjang dan sulit dibasmi. Di tahun 2011 terdapat beberapa virus yang  mempunyai kemampuan untuk menginjeksi file seperti Sality/Virut atau Ramnit.

Khusus untuk virus Ramnit selain menginjeksi file yang mempunyai ekstensi EXE juga akan menginjeksi file dengan ekstensi DLL, HTM dan HTML hal inilah yang menjadikan Ramnit menjadi jawara selama semester pertama sebagai virus yang paling banyak menyebar.

Scareware


Rouge antivirus/fake antivirus/antivirus palsu, adalah malware yang menyamarkan dirinya sebagai program keamanan seperti antivirus. Scareware dirancang untuk menakut-nakuti user dengan menampilkan peringatan palsu yang menginformasikan bahwa komputer terinfeksi program berbahaya.

Untuk kasus tertentu akan menyebabkan user tidak dapat menjalankan aplikasi. Scareware/antivirus palsu biasanya bersifat trial sehingga untuk mendapatkan versi Full, user harus melakukan registrasi dengan mengirimkan sejumlah uang ke alamat yang sudah ditentukan.

Phishing


Virus FaceBook, Maraknya penguna facebook saat ini menjadi salah satu faktor meningkatnya serangan phishing di tahun 2011. Phishing dirancang secara khusus untuk mengalihkan user untuk mengakases ke website yang telah ditentukan.

Website tersebut mempunyai tampilan yang sama persis dengan website aslinya dengan tujuan untuk mencuri informasi penting seperti username dan password dan data penting lain nya termasuk data email.

Virus Android


Pertumbuhan Android yang luarbiasa dan ditunjukkan dengan semakin banyaknya pengguna Android ditahun 2011 semakin “memotivasi” para kriminal untuk membuat virus dan  menjadi “ladang” baru setelah sebelumnya menyerang system operasi Microsoft.

Dengan diawali kemunculan virus yang memanfaatkan program Angry Bird dan masih, hal ini membuktikan Android saat ini bukanlan OS yang aman lagi.

Macintosh yang selama ini sering mengklaim diri sebagai OS yang kebal dari serangan viruspun mulai menjadi sasaran serangan virus yang muncul di semester pertama yang menyamarkan dirinya sebagai software keamanan Macintosh dengan nama “MacSecurity”.

0 comments:

Posting Komentar